Tepung Tapioka Dan Bagaimana Cara Membuat Tepung Tapioka | Resep Asli

Sponsor

Tepung Tapioka Dan Bagaimana Cara Membuat Tepung Tapioka

Apa Itu Tepung Tapioka
Tapioka berasal dari akar suatu tanaman perdu yang tumbuh di negara-negara yang beriklim panas, di seluruh dunia, tanaman itu disebut "manioc atau "cassava dan juga dikenal dengan nama "Yuca" atau "mandioca" atau singkong. tentu anda suka makan kue 'puding dari tapioka? mungkin anda tidak percaya akan asal usul kue itu, apabila anda melihatnya sendiri, begitu juga dengan segala yang bersangkutan dengan pengolahan bahan itu sebelum menjadi makanan yang lezat di dalam piring anda.


tepung tapioka
tepung tapioka

akar tanaman singkong ini mengandung kurang lebih sepertiga zat kanji tepung dan dua per tida adalah air, sangat menggunakan waktu lama dalam dalam mengolah umbi singkong ini sampai siap menjadi bahan tepung untuk pembuatan makanan.

Proses Pembuatan Tepung Tapioka
pada awalnya umbi singkong di cuci dan di kupas, kemudian dibiarkan terendam di dalam air dalam sebuah wadah atau air mengalir selama tiga atau empat hari, dapat juga diparut atau digiling menjadi bubur tepung. bubur tepung ini dapat dimasak dan dimakan langsung, atau bisa dijemur menjadi tepung kering.

untuk mendapatkan tepung tapioka dari singkong yang sudah di perut atau digiling itu, maka bubur tepung itu dicampur dengan air bersih, kemudian dibiarkan mengendap. tepungnya akan mengendap perlahan-lahan pada dasar wadah, sedangkan segala kotoran dapat mengalir keluar bersama air penyaringnya.

tepung sari itu dikeluarkan dari wadah dan dicampur kembali dengan air dan dibiarkan mengendap lagi. demikian proses ini berlangsung berulang kali, kadang sampai empat atau lima kali proses perendaman hingga tepung terlihat sangat bersih, setelah itu, hasil dari perendaman tersebut di saring dan dijemur hingga menjadi kering dan menjadi tepung kering yang putih.

bisa juga disebarkan diatas sebuah wadah besi dengan api yang sedang dan dimasak dengan cara dipanggang, sambil dipanggang itu, tepung harus terus-menerus diaduk hingga menjadi tepung kering.
tepung tapioka murni dari hasil pengolahan umbi singkong ini kita sebut tepung "tapioka". jadi, kita melihat bahwa agak panjang juga jalan yang harus ditempuh sebelum tepung itu bisa kita jadikan makanan matang. kebanyakan dari tapioka yang dipakai di Amerika Serikat dan di Eropa berasal dari Jawa - Indonesia, Brasilia Dan Malagasi.

tepung murni yang belum dimasak itu disebut "tepung tapioka" di Amerika Serikat. ia banyak dipakai dalam industri tekstil untuk menganji bahan kain yang selesai ditenun, dan untuk keperluan alat perekat seperti yang kita dapati pada sisi sebelah bawah perangko, dan masih banyak lagi manfaat lain dari umbi singkong selain dijadikan tepung tapioka.

Silahkan Baca Juga Tentang Info Kuliner Makanan China Dan Sejarah Dimsum