Info Kuliner Makanan China Dan Sejarah Dimsum | Resep Asli

Sponsor

Info Kuliner Makanan China Dan Sejarah Dimsum

Dimsum, adalah makanan ringan Cina, dan dimsum kini mulai dikenal di Dunia, dan cara menikmatinya juga sangat mudah yaitu dengan cara ditusuk dengan sumpit, dicelupkan kedalam kuah rasa kaldu, lalu dimakan seluruhnya.

dimsum dan sejarah dimsum

siapa yang tidak kenal dengan dimsum? makanan dari Cina ini adalah makanan dengan sejarah panjang. dimsum bisa dinikmati dari pagi hingga siang dalam tradisi yum cha atau tradisi minum teh Cina.

awalnya, minum teh ini diperuntukan bagi para pengembara yang ingin beristirahat di Jalan Sutra. para pemilik kedai teh lalu berkreasi membuat makanan yang bisa menemani acara minum teh tersebut. karena pemilik kedai ingin membuat makanan yang mudah, cepat,serta nikmat dan membuat perut kenyang. maka munculh dimsum, yang dalam bahasa Daerah Kanton berarti cemilan atau makanan kecil.

dimsum lalu mulai terkenal sejak Dinasti Han (206 SM) - dimsum pertama kali muncul di daerah Kanton, Cina Selatan. pada awalnya dimsum ini hanya dinikmati oleh masyarakat cina, kemudian warga Hong Kong mempopulerkan dimsum ini dengan nama dianxin ke dunia luar, dan ahirnya dimsum bisa go international.

ada dua macam dimsum yang pepuler yaitu : dimsum kukus dan dimsum goreng, yang termasuk kategori dimsum kukus, antara lain Shao mai, dimsum udag (hakau dan jiao ze) bakpao, serta xiao long bao (dimsum yang paling lembut, gurih dan hangat), dan kategori dimsum goreng adalah : egg rolls, rice roll dan fung zau (biasanya dimsum goreng sangat khas dengan aroma dan rasa rempah).

sejak abad ke-10 di Cina teah dikenal lebih dari 2000 jenis dimsum, namun restoran-restoran besar di Cina hanya menyediakan sekitar 100 jenis dimsum. direstoran Taiwan hanya menyediakan  aneka dimsum Taiwan dengan rasa kaldu asli, dan yang paling banyak dinikmati oleh pengunjung adalah xiao long bao, shao mai, dan jiao ze. yang mana isi dari dimsum tersebut sangan beragam, diantaranya daging ikan, kepiting, udang, kerang, daging cincang (ayam dan sapi0, serta isi sayur-mayur. 

dan ciri khas dimsum di restoran Taiwan adalah memiliki 18 lipatan dibagian atasnya, kenapa harus 18 lipatan dibagian atas dimsum? itu tujuannya supaya kulit dimsum tidak rusak saat ditusuk oleh sumpit, dari segi ukurannya dimsum memang kecil, berat kulit dimsum yang dibuat dari tepung tipis digabung dengan isiannya hanya memiliki berat 22,8 hingga 23,2 gram. sesuai dengan fungsinya sebagai makanan ringan, makanan ini disajikan untuk sekali santap. dengan rasa gurih dominan serta didukung dengan bentuknya yang cantik, dimsum tersebut rasanya semakin sedap karena disajikan dalam wadah kukusan bambu yang terkesan sederhana tapi eksotis.

dimsum bisa dikategorikan sebagi Dumpling, yaitu jenis makanan yang dibungkus sesuatu (misalnya daun, adonan yang dibuat dari tepung), pastel dan pangsit adalah termasuk makanan golongan Dumpling, setelah terbungkus, biasanya makanan yang termasuk kelompok Dumpling ini dimasak dengan cara dikukus atau bisa juga dengan cara digoreng dalam minyak panas, biasanya disajikan dengan saus atau dalam bentuk sup.

kebanyakan kulit dumpling terbuat dari bahan sereal, seperti gandum, beras, atau oat. kulit ini digumakan untuk membungkus sesuatu yang telah diberi bumbu seperti sayuran yang sedikit diberi tambahan daging atau buah, dan diberi sedikit kuah, disini keterampilan tangan harus benar-benar profesional, karena harus pandai membuat lipatan-lipatan yang kuat sehingga isian dumpling tidak merembes keluar saat direbus.

Dumpling tidak hanya berasal dari Negara Timur, tapi di Negara-negara lain juga mengenal jenis makanan dumpling ini. Di Eropa Tengah (Austria, Jerman, Swis, Polandia, Republik Ceko dan Slovenia) terdapat dua vareasi dumpling, manis dan asin, yang biasa disebut kloesse nocken, atau kloss, umumnya terbuat dari kentang yang dihaluskan atau roti.

Di Italia mereka mengenal gnocchi, makanan ini terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dimasak dalam air mendidih sampai matang, ada juga yang menyebut ravioli sebagai kelomplok dumpling. Di India, ada samosa yang merupakan dumpling khas india yang terbuat dari pastry yang diisi dengan daging atau sayuran lalu digoreng dalam minyak panas.

Silahkan Baca Juga Tentang Resep Roti Ayam Katsu Yang Lezat Dan Sehat

Tips Cara Menyantap Xiao Long Bao
  • tungkan cuka hitam dan kecap diatas jahe secukupnya, jika anda bingung, lakukan dengan perbandingan 3:1. tuangkan cuka hitam sebanyak tiga kali putaran,lalu sambung dengan tuangan kecap sekali putaran, jangan lupa untuk tambahkan irisan jahe secukupnya dibagian atas.
  • letakan Xaio long bao diatsah di dalamnya keluar, hirup kuah itu dan rasakan kaldu aslinya.
  • ambil sedikit jahe dan letakan diatas xiao lao bao lalu santap semua dimsum, dan nikmati rasa dimsum yang sedap.
Silahkan Baca  Resep Perkedel Kentang Salami